Pengembangan Modul Berbasis Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Assemblr Edu pada Mata Kuliah Rangkaian Elektronika
DOI:
https://doi.org/10.33394/j-lkf.v13i1.16506Keywords:
Modul, Project Based Learning, Assemblr EduAbstract
Penelitian Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul pembelajaran berbasis Project Based Learning (PjBL) dengan bantuan platform digital Assemblr Edu pada mata kuliah Rangkaian Elektronika. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman mahasiswa akibat keterbatasan bahan ajar dan dominannya metode ceramah dalam perkuliahan. Pengembangan modul dilakukan untuk menyediakan bahan ajar alternatif yang lebih interaktif dan mendukung pembelajaran aktif. Metode yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE, namun penelitian ini dibatasi hingga tahap pengembangan. Subjek uji coba adalah mahasiswa Pendidikan Fisika angkatan 2022. Data diperoleh melalui validasi ahli media, ahli materi, serta angket persepsi mahasiswa. Hasil validasi menunjukkan modul sangat layak digunakan dengan skor rata-rata 90,9% dari ahli media dan 82,14% dari ahli materi. Respon mahasiswa juga sangat baik, dengan skor 93% untuk perwajahan, 89% untuk kemenarikan, dan 93% untuk isi. Temuan ini menegaskan bahwa modul berbasis PjBL dengan visualisasi 3D melalui Assemblr Edu efektif dan layak digunakan sebagai bahan ajar.
References
Aji, S. D., Hudha, M. N., & Rismawati, A. Y. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Science Education Jurnal, 01(01), 36-51.
Branch, R. M. (2009). Intructional Design: The ADDIE Approach. USA: Departement of Educational Psychology and Intructional Technology University of Georgia.
Cahyono, Y. A. (2022). Komponen Elektronika dan Cara Kerjanya. Jurnal Portal Data, 02(04), 01-11.
Chairudin, M., Nurhanifa, Yustianingsih, T., Aidah, Z., Atoillah, & Hadi, M. S. (2023). Studi Literatur Pemanfaatan Aplikasi Assemblr Edu Sebagai Media Pembelajaran Matematika Jenjang SMP/MTS. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 04(02), 1312-1318.
Fathihani, Subroto, D. E., Hayati, R., Nurlely, L., Agustina, P., Dewi, N. K., . . . Pohan, S. H. (2023). Inovasi Pendidikan. Serang: Sada Kurnia Pustaka.
Fitria, R. Y., Hasan, H. A., & Sasmita, F. E. (2024). Efektivitas Media Pembelajaran Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality (AR) Dalam Pembelajaran Diferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di MIS Thoriqussalam Sidoarjo. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(03), 76-87.
Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Wilfried, A. (2020). A Riview of Project Based Learning in Higher Education: Student Outcomes and Measures. International Journal of Educational Research, 102, 01-13.
Haspen, C. D., & Syafriani. (2022). Praktikalitas dan Efektivitas E-Modul Fisika SMA Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Etnosains Untuk Mneningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 08(01), 10-16.
Ikhwanudin, D. P. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Trainer Elektronika Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Rangkaian Elektronika. JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 03(02), 19-22.
Koo, M., & Yang, S.-W. (2025). Likert-Type Scale. Encyclopedia, 05(01), 01-11.
Marhamah, S. f., Idris, M., & Irawan, D. B. (2024). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Project Based Learning pada Materi Jenis –jenis Usaha Ekonomi Masyarakat Kelas V SD. Indonesian Research Journal on Education, 02(04), 587-595.
Naimah, S. J., Siskawati, F. S., & Mujib, A. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Assemblr EDU Berbasis Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. SIGMA: Kajian Ilmu Pendidikan Matematika, 09(02), 149-154.
Nuridiyanti. (2023). Analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran pada mata kuliah elektronika daya. Jurnal Media Elektrik, 20(02), 154-158.
Oktaviona, R., & Jasril, I. R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan AR Assemblr Edu Pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika. Jurnal Voteteknika, 11(02), 178-186.
Permana, G. S., Nurhayata, I. G., & Sutaya, I. W. (2018). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Kelas XI TAV di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 07(03), 134-1.
Setyawan, E., & Zamtinah. (2018). Penerapan Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Pendidikan Elektro, 08(01), 47-53.
Slamet, F. A. (2022). Model Penelitian Pengembangan. Jawa Timur: Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang.
Sulastri, H. P., Irvani, A. I., & Warliani, R. (2024). Pengembangan Modul Digital Fisika Berbasis Project Based Learning (PjBL) Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta DIdik. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 08(01), 97-111.
Sugianto, D. S., Ahied, M., Hadi, W. P., & Wulandari, A. Y. (2018). Pengembangan Modul IPA Berbasis Proyek Terintegrasi STEM Pada Materi Tekanan. Journal of Natural Science Education Reseach, 01(01), 28-13.
Sugiarto, A. (2022). Penggunaan Media Augmented Reality Assemblr Edu Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peredaran Darah. Madaris: Jurnal Guru Inovatif, 01(02), 1-13.
Triwoelandari, r., Rahmawati, P., & Gustiawati, S. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Ipa Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Siswa Kelas 5 SD/MI. Attadib: Journal of Elementary Education, 07(03), 23-34.
Triyanti, M., & Sulistiyono. (2023). Pengembangan Modul IPA Berbasis Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Pengetahuan Faktual dan Konseptual Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Perspektif Pendidikan, 17(02), 270-280.
Wahyuni, A., Windi, R. J., Wandini, R. R., & Hutagalung, S. A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Aktivitas Materi Rangkaian Listrik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 04(02), 144-151.
Yuliana, Prasetyo, Z. K., & Hastuti, P. W. (2018). Pengembangan Modul IPA Berbasis Project Based Learning Untuk Menumbuhkan Kreativitas Peserta Didik Kelas VIII SMP. Journal Technological Pedagogical Content Knowledge, 07(04), 121-126.
Zarman, A., Wazni, M. K., & Nuraini. (2023). Pengembangan Modul Ajar IPAS Berbasis PjBL Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Suluh Edukasi, 04(01), 96-104.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ivan Franztavia Situmeang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika agree to the following terms:
- For all articles published in Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.