MELALUI PENERAPAN METODE EXPLICIT INTRUCTIONS DALAM UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 BANGSRI
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v1i2.609Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS materi perkembangan teknologi melalui metode explicit intructions pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Bangsri. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 01 Bangsri Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 34 siswa. Waktu penelitian dilakukan selama 3 bulan. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil tes siswa dan dokumen. Metode pengumpulan data dalam penelitian observasi, dan analisis dokumen. Teknik uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis mengalir. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah bahwa untuk meningkatkan prestasi belajar IPS materi perkembangan teknologi dapat dilakukan melalui metode Explicit Intructions pada siswa kelas IV SDN 01 Bangsri Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar semester II tahun pelajaran 2014/2015. Hal ini ditandai hasil perolehan nilai rata-rata siswa dalam pembelajaran IPS yang selalu mengalami peningkatan dari sebelum tindakan dan setelah tindakan dalam tiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata sebelum tindakan adalah 65, siklus I 69, siklus II 74 dan siklus III rata-rata 80, dengan demikian penelitian ini dimana setiap siklus selalu mengalami peningkatan prestasi secara signifikan, sehingga penelitian ini dapat diterima sebagai penelitian tindakan kelas untuk perbaikan pembelajaran.References
Bimo Wa1gito. 1996. Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.
Depdikbud. 2006. Petunjuk Pelaksanaan Penilaian di Sekolah Dasar. Jakarta.
Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah. 2002. Petunjuk Pelaksanaan Penilaian di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud.
Fadjeri. 2001. Metodologi Research. Surakarta: Unisri.
______. 2004. Statistik. Surakarta: Unisri.
H. J. Waluyo. 2001. Metodologi Research. Suarakarta: UNS Pres.
Kurikulum Pendidikan dasar. 2006. Program dan Pengembangan. Jakarta: Depdikbud.
M. Hasan dan Yusmar Basri. 1999. Petunjuk Guru IPS IV. Surakarta: PT. Balai Pustaka.
Nasution S. 2002. Teknik Penilaian. Depdikbud
Prayitno dan Erman Anti.1998. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Rochman Natawidjaja Muh Surya. 1999. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rajawali.
Singgih Gunarso. 1998. Psikologi Remaja. Jakarta: Rineka Cipta.
Suharsimi Arikunto. 1989. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktic. Jakarta: Rineka Cipta.
Sumadi Suryobroto I. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali.
WJS Purwodarminto. 1998. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)