PENGGUNAAN PEMBELAJARAN INDIVIDUAL MODEL PERTEMUAN KELAS DALAM MENUNTASKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII-C PADA MATA PELAJARAN IPS-EKONOMI POKOK BAHASAN PERMINTAAN DAN PENAWARAN DI MTs YUSUF ABDUSSATAR KEDIRI LOMBOK BARAT
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v1i1.587Abstract
Pembelajaran IPS-Ekonomi di MTs Yusuf Abdussatar masih rendah khususnya pada pokok bahasan permintaan dan penawaran, hal ini dikarenakan siswa kurang memahami maksud soal dan kelemahan siswa adalah mengenai BAB hitung-hitungan dalam ekonomi Pembelajaran individual dapat diberikan pada pokok bahasan permintaan dan penawaran karena memiliki cakupan materi sesuai dengan kehidupan sehari-hari sehingga siswa dapat membuat kurva ataupun soal cerita bisa didapatkan dari siswa itu sendiri, sehingga siswa dapat mengolahnya sesuai dengan cara siswa sendiri dalam memahami materi tersebut, sedangkan guru hanya menjadi fasilitator. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Adapun analisa data yang digunakan oleh peneliti adalah analisis deskriptif kuantitatif untuk memperoleh data dari hasil penelitian yang dilakukan. Berdasarkan analisis data yang diperoleh pada siklus I, pada pokok bahasan permintaan, persentase ketuntasan yang diperoleh siswa kelas VIII-C di MTs. Yusuf Abdussatar sebesar 81,25% dengan nilai rata-rata sebesar 69,37 dari 32 siswa yang mengikuti pembelajaran dan evaluasi hasil belajar, akan tetapi yang tuntas sebanyak 26 orang. Hasil persentase pada siklus I belum mencapai ketuntasan belajar klasikal yang diharapkan yaitu > 85%. Dari hasil evaluasi siklus II dengan pokok bahasan penawaran, maka diperoleh persentase ketuntasan sebesar 93,75% dengan nilai rata-rata sebesar 80,62 dari 32 siswa meningkat dari siklus I yakni 81,25% dengan nilai rata-rata sebesar 69,37 dari 32 siswaReferences
B. Suryosubroto. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Burhan Bungin. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers, 2007.
Etin Solihatin dan Raharjo. Cooperative Learning Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
Hamzah B. Uno. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Mohamad Surya. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Pustaka Bani Quraisy, 2004.
Margono. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2004
Nana Sudjana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Sinar Baru Algensindo, 2008.
Nurkencana. Pedoman Perbaikan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Oemar Hamalik. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Roestiyah. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2001.
Slameto. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
Sunaryo dan Agung Hartono. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Sulusiah. Pembelajaran Merupakan Proses, dalam http//www/ica sae/Arainer.
Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R dan D. Bandung: Alfabeta Pers, 2006.
_________. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta Pers, 2004.
S. Nasution. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: 2000
Syaiful Sagala. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. 2006
Sukidin dkk. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas.: Insan Cendekia, 2007.
Zaenal Aqib. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: Yrama Widya, 2008.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)