Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning Terintegrasi Literasi Sains Pada Pokok Bahasan Larutan Asam Basa di SMA Swasta Cerdas Murni
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v7i2.5642Keywords:
Pengembangan dan Penelitian, Modul Discovery Learning, Literasi sains, Larutan Asam BasaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk memperoleh informasi dari studi literatur dan studi lapangan pada modul berbasis discovery learning terintegrasi literasi sains pada pokok bahasan asam basa. 2) Untuk membuat rancangan modul berbasis discovery learning terintegrasi literasi sains pada pokok bahasan asam basa. 3) Untuk mengetahui kelayakan modul berbasis discovery learning terintegrasi literasi sains pada pokok bahasan asam basa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model Research and Development (R&D). Subjek penelitian ini adalah modul berbasis discovery learning sedangkan objek penelitian yaitu materi larutan asam basa yang dimana akan divalidasi oleh 3 orang validator ahli materi, 3 orang ahli media, 2 respon guru kimia dan 10 orang siswa XII MIPA 1 (evaluasi satu lawan satu). Langkah-langkah pengembangan modul ini adalah 1) Penelitian dan Pengumpulan Informasi. 2) Perencanaan produk. 3) Pengembangan Produk Awal. 4) Uji coba lapangan. 5) Revisi modul hasil uji coba. Kesimpulannya adalah modul berbasis discovery learning terintegrasi literasi sains pada pokok bahasan larutan asam basa yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria layak/menarik digunakan dalam pembelajaran. Hal ini sesuai dengan penilaian dari ahli materi mencapai pesentase rata-rata sebesar 85,33% dengan kriteria sangat tinggi dan valid/layak dan ahli media memberikan penilaian dengan persentase rata-rata sebesar 91,44% dengan kriteria sangat tinggi dan valid/layak. Tingkat kemenarikan berdasarkan respon guru adalah sebesar 92,02% dengan kriteria sangat menarik. Tingkat kemenarikan berdasarkan respon siswa SMA kelas XII IPA d mendapatkan kriteria sangat menarik dengan persentase 89,91%.References
Anisa, R. Rayendra, W, B. dan Bambang, S. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Learning Cycle 5 E Pokok Bahasan Getaran Harmonis Untuk Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika. 7 (2). 181-188.
Arikunto, S. (2008). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Cintia, Nichen Irma, dkk. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan. 32(1). DOI: 10.21009/PIP.321.8
Muchtaridi. (2017). Kimia 2 SMA Kelas XI. Jakarta Timur. Yudhistira.
Purba. Michael. (2017). Kimia 2 Untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.
Silitonga, P.M. (2014). Statistik. Medan: FMIPA UNIMED.
Silitonga, P. M. (2011). Statistika Teori Dan Aplikasi Dalam Penelitian. Medan: FMIPA Universitas Negeri Medan.
Sudarmo, Unggul. (2016). Kimia Untuk SMA/MA Kelas XI. Surakarta: Erlangga.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: AlfabetaCV.
Wicaksono, Ardian Trio. (2016). Tinjauan Pemahaman Konsep Larutan Asam basa PadaTingkat Makroskopik dan Tingkat Mikroskopik Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batu. Jurnal Tarbiyah (Jurnal Ilmiah Kependidikan) 05(2). 2548-8376. 1-6.
Wulandari, Nisa dan Hayat Sholihin. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Sains Pada Aspek Pengetahuan dan Kompetensi Sains Siswa SMP Pada Materi Kalor. EDUSAINS. ISSN : 2443-1281. 66-73.
Yuliana, Nabila. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. 2(1). ISSN : 2615-6091.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)