Pengaruh Media KOKAMI (Kotak Dan Kartu Misteri) Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v7i1.5136Keywords:
Media Kokami (Kotak dan Kartu misteri), Hasil Belajar,Abstract
Pendidikan adalah suatu aspek kehidupan mendasar yang dapat meningkatkan dan mengembangkan semua aspek dan potensi kepribadian manusia, yang mencakup sikap serta keterampilannya. Menurut UU RI Nomor 20 pasal 3 tahun 2003 tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Tujuan penelitian untuk mengetahui Pengaruh Media Kokami (Kotak dan Kartu Misteri) Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas V SDN 2 Beleka Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan desain pre-test dan post-test group. Populasi dalam penelitian sebanyak 295 orang siswa dan sampel sebanyak 40 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode tes, metode dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik statistik t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada Pengaruh Media Kokami (Kotak dan Kartu Misteri) Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas V SDN 2 Beleka Tahun Pelajaran 2020/2021, nilai t hitung lebih kecil dari pada nilai t tabel sebesar 0.001 dan nilai t tabel pada taraf signifikan 5% dengan 1.68, sehingga t hitung lebih kecil dari pada t tabel (0.001 < 1.68). Dengan demikian Ho diterima dan Ha ditolak yang artinya tidak ada Pengaruh Media Kokami (Kotak dan Kartu Misteri) Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas V SDN 2 Beleka Tahun Pelajaran 2020/2021. Maka hasil penelitian ini dinyatakan tidak signifikan.References
Arifin, Z. (2011). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya offset.
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Desineingrum, N. (2014). Jurnal ilmiah Ikip Mataram, pengembangan metodepembelajaran communicative language teaching (CLT) dengan media kokami untuk meningkatkan hasil belajar dan communication skill mahasiswa program studi pendidikan matematika stkip bina insan mandiri Surabaya. Pusat Kajian Pendidikan Sains dan Matematika Ikip Mataram.
Hasriana, I. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Kokami Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Stad Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Sistem Gerak Pada Manusia Kelas VIII Mts Negeri Gowa Kabupaten Gowa. Thesis(S1). Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Husamah, dkk. (2015). Pengatar Pendidikan. UMM Pres. Malang.
Ikip Mataram. (2011). Pedoman Pembimbingan Dan Penulisan Karya Ilmiah. Mataram.
Karim, A. (2015). Pembelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS). (online). http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/2130, diakses tanggal 2 juni 2021 pukul 09:10.
Martono. dan Nanang. (2012). Metode penelitian kuantiitatif analisis isi dan analisis data sekunder. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Noor, J. (2012). Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Riduwan. (2012). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan Dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Rusmono. (2012). Strategi pembelajaran dengan problem based learning itu perlu. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Sadiman. Dkk. (2012). Media Pendidikan. Jakarta:PT Rajagrafindo Persada.
Sangadji, dan Sopiah. (2010). Metodologi Penelitian. Yogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)