PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN OTENTIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v4i1.2257Keywords:
Model Pembelajaran Otentik ( Autentic Learning), Motivasi belajar.Abstract
Permasalahan yang terjadi di lapangan yaitu pembelajaran yang diterapkan oleh guru kurang bervariasi, yaitu hanya menggunakan metode ceramah,diskusi, danitukurang mendukung dalam proses pembelajaran dalam mata pelajaran khususnya IPS.guru juga kebanyakan hanya menjelaskan teori di dalam kelas dan kurang melakukan praktik sehingga menyebabkan siswa kurang mampu mengeksplorasikan sehingga motivasi belajar siswa kurang.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiPengaruh Penggunaan Model pembelajaran Otentik ( Autentic Learning ) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Di SMPNegeri 3 Terara Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2018/2019â€.Populasi dalam penelitian ini adalah: siswa kelas VIIdi SMPN 3 Terara.Instrumen dalam penelitian ini digunakan untuk mengumpulkan data.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket sebagai metode pokok sedangkan dokumentasi, dan observasi sebagai metode pelengkap. Teknik analisis data menggunakan analisis data statistik dengan rumus chi square.Kenyataan ini menunjukkan bahwa nilai chi square hitung lebih besar dari pada nilai chi square tabel (5,116 >3,841), karena ð‘¥2 hitung lebih besar dari ð‘¥2 tabel, maka penelitian ini dikatakan signifikan. Hal ini berarti bahwa hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: Ada Pengaruh Model PembelajaranOtentik ( Autentic Learning ) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII di SMPN 3Terara Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2018/2019.References
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hamdani. 2011. 17. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.
Husna. (2013). “Pengertian Model Pembelajaran Jigsawâ€. www.indonesiastudents.com September 2008
Hamalik, Oemar. 2013. Kurikulum Dan Pembelajaran. Cetakan Ke-13. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Huda, Miftahul. 2014. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Hamdani. 2011. 92. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia
IKIP Mataram. 2011. Pedoman Pembimbingan Dan Penulisan Karya Ilmiah. Mataram.
Kharuman & Siti Nurhidayati. 2015. Trik-Trik Mengajar. Mataram: Fakultas Pendidikan Matematika Dan IPA IKIP Mataram.
Margono. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta
Pardamean, Toto. 2011. Model Pembelajaran Untuk Efisiensi Dan Efektivitas Pembelajaran(Online).Tersedia:Http://Edukasi.Kompasiana.Com/2011/09/20/Model-Pembelajaran-Untuk-Efisiensi-Dan-Efektivitas-Pembelajaran/
Rusman. (2008). “Pengertian Model Pembelajaran Jigsawâ€.. www.indonesiastudents.com September 2008
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)