PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ELABORASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v4i1.2256Keywords:
Model Pembelajaran Elaborasi, Hasil BelajaridAbstract
Permasalahan yang terjadi di lapangan pada pelajaran TIK, masih menggunakan metode ceramah, diskusi, dan kerja kelompok sehingga membuat siswa kurang aktif. Di samping hal tersebut, guru mata pelajaran TIK pada saat menyampaikan materi pada mata pelajaran TIK masih menggunakan kapur dan papan tulis hal tersebut karena tidak adanya alat sepeti LCD di sekolah tersebut sehingga menyebabkan siswa kurang mampu berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran TIK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahu, pengaruh model pembelajaran elaborasi terhadap hasil belajat Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Kelas VII Di MTs NW AL-Ahyar Bagik Polak Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode penelitian yang di gunakan yaitu metode eksperimen dengan One Group Pre-test Pos-tes Design.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 25 0rang di MTs NW Bagik Polak Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2018/2019, karena jumlah populasi kurang dari 100 maka dalam penelitian ini untuk menggunakan tehnik populasi. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data yang di gunakan adalah metode tes sebagai metode pokok dan metode observasi, dokumentasi sebagai metode pelengkap. Untuk menganalisa data menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian yang t hitung 4,508. Dengan derajat kebebasan (N-1) yakni (25-1)= 2. Dalam tarif signifikan 5% atau 0,05 dan derajat kebebasan (d.b) 24 ternyata besarnya angka batas penolakan hipotesis Nol (Ho) pada tabel “t†adalah 2,064. Dengan demikian nilai t hitung yang diperoleh dalam penelitian sebesar 4,508. telah berada diatas angka batas yang sebesarnya 2,064 atau dengan kata lain bahwa t hitung lebih besar dari t tabel (4,508>2,064), pada tarif signifikan 5% sehingga, penelitian ini dapat dinyatakan “signifikanâ€.References
Arikunto, 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumiaksara.
IKIP Mataram. 2011. Pedoman Pembimbingan dan Penulisan Karya Ilmiah. Mataram.
Kurniasih, 2015. Taksonomy of Educational Objectives (The Classification of Educational Goals) Handbook 1 Cognitive Domain. London : Longman Group Ltd.
Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
. . 2010. Metode Penelitian suatu Pendekatan Peraktis. Jakkarta : Rineka Cipta.
Suharsimi, 2006 Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)