PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERPADU TIPE NETWORKED TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.33394/jtp.v4i1.2255Keywords:
Networked, Hasil BelajarAbstract
Sebagian besar proses belajar mengajar yang selama ini digunakan oleh para pengajar adalah dengan menyampaikan materi dengan metode ceramah (konvensional), itu juga yang terjadi di SMPN 2 montong gading kabupaten Lombok Timur sehingga pada saat tanya jawab sebagian siswa sibuk dengan kegiatan masing-masing bahkan sebagian besar relatif diam. .Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Networked Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran TIK Siswa Kelas VII Di Smpn 2 Montong Gading Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penilitian eksperimen dengan one group pre-test dan post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMPN 2 Montong Gading Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode tes sebagai metode pokok, sedangkan observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Analisis data menggunakan data t-test. Berdasarkan hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5%, maka di peroleh hasil penelitian yaitu nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (2,487>2-045). Dengan db (N-1) = 29 dengan kata lain, menunjukkan bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan Ha diterima. Maka dapat di simpulkan bahwa hipotesis Ha berbunyi : Ada Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Networked Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran TIK Siswa Kelas VII Di SMPN 2 Montong Gading Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2018/2019 artinya hasil penelitian ini “signifikanâ€.References
Arikunto. S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Iskandar dkk., 2011, Pendidikan Membangun Karakter Bangsa, Peran Sekolah dan Daerah dalam Membangun Karakter bangsa pada Peserta Didik, Bestari Buana Murni, Jakarta.
Margono S. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta.
Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukmadinata. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rodasakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
- Authors who publish with JTP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Licensing for Data Publication
Licensing for Data Publication
JTP use a variety of waivers and licenses, that are specifically designed for and appropriate for the treatment of data:
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)