UPAYA MENINGKATKAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII PUTRA MTs.AL-MUSLIMUN NW KEBON KONGOK MELALUI PENERAPAN METODE INVESTIGASI KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.33394/mpm.v2i1.1854Keywords:
Metode Investigasi Kelompok, Penalaran MatematikaAbstract
Penelitian ini berawal dari permasalahan yang ada dikelas VIII Putra MTs.Al-Muslimun NW Kebon kongok. Permasalahan tersebut adalah Rendahnya penalaran matematika siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya masih sedikitnya siswa yang mampu mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematika, memberikan jawaban alasan atas jawabannya, dan menarik kesimpulan dari suatu permasalahan matematika yang diberikan. Hal ini disebabkan karena guru masih menerapkan pola pembelajaran konvensional yaitu dengan metode ceramah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan penalaran matematika siswa dengan menerapkan metode investigasi kelompok. Metode investigasi kelompok adalah metode yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang saling berinteraksi dalam melakukan proses penyelidikan untuk mengungkapkan kebenaran sebuah fakta dan mendapatkan hasil kesimpulan secara optimal.Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi . Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII putra MTs.Al-Muslimun NW yang terdiri dari 30 orang siswa. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif yang diperoleh dari hasil evaluasi setiap akhir siklus dan data kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru pada saat proses belajar mengajar. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan persentase aktivitas guru yaitu 73% pada siklus I dan pada siklus II 80,77%. Selain itu persentase rata-rata kemampuan penalaran matematika pada siklus I yaitu 59,23% berkualifikasi lebih dari cukup dan nilai rata-rata kelas 58,50 berkualifikasi lebih dari cukup sedangkan pada siklus II persentase rata-rata kemampuan penalaran matematika siswa yaitu 79,94% berkualifikasi baik dan nilai rata-rata kelas yaitu 79,57 berkualifikasi baik. Disimpulkan bahwa penerapan metode investigasi dapat meningkatkan penalaran matematika siswa kelas VIII putra MTs.Al-Muslimun NW Kebon Kongok dalam pembelajaran matematika .
Downloads
Published
2014-06-29
How to Cite
Bahri, S. (2014). UPAYA MENINGKATKAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII PUTRA MTs.AL-MUSLIMUN NW KEBON KONGOK MELALUI PENERAPAN METODE INVESTIGASI KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Media Pendidikan Matematika, 2(1), 113–121. https://doi.org/10.33394/mpm.v2i1.1854
Issue
Section
Articles
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â