PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI TURUNAN SISWA KELAS XI IPA 3 SMA NEGERI 1 BOLO
DOI:
https://doi.org/10.33394/mpm.v2i1.1850Keywords:
Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization, Hasil Belajar.Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Room Action Research) yang direncanakan dalam beberapa siklus dan dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Bolo dengan jumlah siswa 30 orang. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pada materi turunan siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Bolo .Teknik pengumpulan data dalam peneltian ini adalah: (1) data tentang hasil observasi siswa dan guru diambil pada saat proses belajar mengajar berlangsung, (2) hasil belajar siswa dikumpulkan dengan memberikan tes pada setiap akhir siklus. Aktivitas belajar siswa minimal berkategori aktif, ketuntasan klasikal, bila mencapai nilai 85% yaitu siswa yang memperoleh nilai ≥ 60 merupakan indikator yang digunakan untuk mengetahui peningkatan yang terjadi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: Siklus I; nilai rata-rata hasil belajar siswa 70,57 dengan porsentase ketuntasan belajarnya sebesar 83,33% dan rata-rata aktivitas siswa petemuan I dan II sebesar 2,92 dan 3,00 yang tergolong pada kategori cukup aktif. Dan terjadi peningkatan pada siklus II; nilai rata-rata hasil belajar siswa naik 9,73 poin menjadi 79,94 dengan porsentase ketuntasan belajarnya sebesar 96,67% dan rata-rata aktivitas siswa sebesar 3,16 yang tergolong pada kategori aktif. Hasil tersebut menunjukan sudah tercapainya indikator penelitian yang ditetapkan sehingga dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Turunan Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Bolo.
Downloads
Published
2014-06-29
How to Cite
Nurrahmah, N. (2014). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI TURUNAN SISWA KELAS XI IPA 3 SMA NEGERI 1 BOLO. Media Pendidikan Matematika, 2(1), 75–86. https://doi.org/10.33394/mpm.v2i1.1850
Issue
Section
Articles
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â