PENGARUH PENERAPAN METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MAN 2 MATARAM MATERI RUANG DIMENSI TIGA

Authors

  • Fenny Aryani Pendidikan Matematika, FPMIPA IKIP Mataram, Indonesia
  • Eliska Juliangkary Pendidikan Matematika, FPMIPA IKIP Mataram, Indonesia
  • Indira Puteri Kinasih Pendidikan Matematika, FPMIPA IKIP Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/mpm.v2i1.1848

Keywords:

Everyone Is A Teacher Here, Hasil Belajar, Ruang Dimensi Tiga, Eksperimen.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar kelas eksperimen (metode Everyone Is A Teacher Here) dan kelas kontrol (metode konvensional). Selain itu, penelitian ini juga ditujukan untuk mengukur signifikansi hasil belajar dengan uji statistik antara kelas eksperimen (metode Everyone Is A Teacher Here) dan kelas kontrol (metode konvensional). Seluruh siswa kelas X MAN 2 Mataram yang berjumlah 228 orang yang terbagi dalam 6 kelas yaitu kelas X2 sampai X7 menjadi populasinya, sedangkan sampel penelitian diambil secara random sampling, terdiri dari dua kelas antara lain kelas experimen (X5) yang siswanya berjumlah 37 orang dan kelas kontrol (X4) yang berjumlah 37 orang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen design (rancangan eksperimen semu) dengan jenis rancangan Posttest Only Control Design. Berdasarkan hasil tes akhir menunjukan rata-rata kelas eksperimen sebesar 83,62 dan kelas kontrol sebesar 73,81. Hasil uji-t diperoleh thitung  sebesar 3,137 lebih besar dari ttabel sebesar 1,960, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen (metode Everyone Is A Teacher Here) dan kelas kontrol (metode konversional).

Downloads

Published

2014-06-29

How to Cite

Aryani, F., Juliangkary, E., & Kinasih, I. P. (2014). PENGARUH PENERAPAN METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MAN 2 MATARAM MATERI RUANG DIMENSI TIGA. Media Pendidikan Matematika, 2(1), 49–57. https://doi.org/10.33394/mpm.v2i1.1848

Issue

Section

Articles

Citation Check