PENERAPAN METODE EPA (EKSPLORASI, PENGENALAN DAN APLIKASI KONSEP) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Masjudin Masjudin Pendidikan Matematika, FPMIPA IKIP Mataram, Indonesia
  • Nilawati Nilawati Pemerhati Pendidikan Matematika, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/mpm.v2i1.1845

Keywords:

EPA, Aktivitas, Hasil Belajar, Trigonometri.

Abstract

Pembelajaran klasikal/tradisional masih diterapkan di Madrasah Aliyah Darussalam Bermi. Dengan metode pembelajaran ini mengakibatkan dalam pembelajaran yang aktif hanya siswa yang mempunyai daya serap lebih cepat (pintar) sedangkansiswa yang lemah daya serapnya menjadi pasif. Olehkarena itu, peneliti mencoba menerapkan metode pembelajaran EPA (Eksplorasi, Pengenalan dan Aplikasi Konsep) dalam proses belajarmengajar. Adapun tujuannya adalah  untuk meningkatkan aktivitas dan hasil  belajar siswa pada materi pokok perbandingan trigonometri. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan beberapa siklus kepada siswa kelas X MA Darussalam Bermi sebagai populasi dan siswa kelas XB yang berjumlah 34 orang sebagai sampel penelitiannya.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes evaluasi dan observasi sedangkan teknik analisa datanya dilakukan secara deskriptif. Ketuntasan klasikal  yang dicapai pada siklus I adalah 63,33 % sedangkan pada siklus II 93,33 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran EPA (Eksplorasi, Pengenalan dan Aplikasi Konsep) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok trigonometri kelas X B MA Darussalam Bermi .

Downloads

Published

2014-06-29

How to Cite

Masjudin, M., & Nilawati, N. (2014). PENERAPAN METODE EPA (EKSPLORASI, PENGENALAN DAN APLIKASI KONSEP) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA. Media Pendidikan Matematika, 2(1), 29–36. https://doi.org/10.33394/mpm.v2i1.1845

Issue

Section

Articles

Citation Check