TEORI BELAJAR SKINNER BERBASIS TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.33394/mpm.v2i1.1844Keywords:
Teori Belajar Skinner, Metode Talking Stick, Aktivitas dan Prestasi Belajar.Abstract
Pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Negeri 5 Lingsar mengalami masalah, dimana daya serap siswa terhadap materi lamban, kemudian siswa kurang berani untuk mencoba menjawab atau mengemukakan pendapatnya yang mengakibatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika rendah. Hal ini disebabkan oleh kurangnya inovasi guru dalam menggunakan model pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan materi. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Lingsar pada materi pokok kubus dan balok dengan menerapkan teori belajar Skinner berbasis talking stick. Teori belajar Skinner berbasis talking stick merupakan perpaduan antara teori dengan metode pembelajaran yang mampu menghasilkan sprit bagi siswa dan guru dalam menciptakan suasana belajar yang aktif sehingga aktivitas dan prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII.B Semester Genap SMP Negeri 5 Lingsar yang terdiri dari 25 siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi. Indikator keberhasilan penelitian adalah aktivitas belajar siswa minimal berkategori aktif dan prestasi belajar siswa mencapai ketuntasan ≥ 85% siswa mendapatkan nilai ≥ 60. Dari hasil penelitian pada siklus I diperoleh rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 2,33 dengan kategori cukup aktif dan hasil evaluasi diperoleh persentase ketuntasan klasikal 78,95%. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas dan prestasi belajar siswa belum mencapai indikator keberhasilan penelitian. Oleh karena itu dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II diperoleh rata-rata aktivitas belajar siswa 3,19 dengan kategori aktif dan hasil evaluasi diperoleh persentase ketuntasan klasikal 90%. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas dan prestasi belajar siswa sudah mencapai indikator keberhasilan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa melalui penerapan teori belajar Skinner berbasis talking stick dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Lingsar pada materi pokok kubus dan balok
Downloads
Published
2014-06-29
How to Cite
Masjudin, M., & Hayatunnupus, H. (2014). TEORI BELAJAR SKINNER BERBASIS TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA. Media Pendidikan Matematika, 2(1), 21–28. https://doi.org/10.33394/mpm.v2i1.1844
Issue
Section
Articles
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â