MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN KREATIF MATEMATIK SISWA MTs NEGERI 1 JONGGAT DENGAN PEMBELAJARAN TASC(THINKING, ACTIVELY DAN SOCIAL CONTEXT) PADA MATERI SEGITIGA
DOI:
https://doi.org/10.33394/mpm.v2i1.1841Keywords:
Berfikir kritis dan kreatif matematik, TASC (Thingking, Actively dan Social Context).Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan kreatif matematik siswaMTsNegeri 1Jonggat dengan pembelajaran TASC (Think, Actively, and Social Context) pada materi segitiga karena di MTs N 1 Jonggat pembelajaran matematika yang mereka rasakan kurang bermakna. Masih ada guru, pada saat pembelajaran matematika tidak mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari, padahal mengaitkan pengalaman kehidupan nyata siswa dengan idea-idea matematika dalam pembelajaran di kelas penting dilakukan agar pembelajaran lebih bermakna bagi siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes untuk mengukur kemampuan berfikir kritis dan kreatif matematika siswa MTsN 1 jonggat pada materi segitiga. Dan wawancara dilakukan untuk melakukanproses triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus 1 ada 6 dari 22 siswa yang tidak tuntas. Sedangkan pada siklus 2 semua siswa tuntas. Oleh karena itu pembelajaran dengan mode TASC mampu menumbuhkan rasa ingin tahu (inquiri), pembiasaan bertanya, kemampuan menyampaikan pendapat, kerja sama sosial dalam belajar sehingga terbentuk budaya berpikir (cultural thinking) siswa.
Downloads
Published
2014-06-29
How to Cite
Muzaki, A. (2014). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN KREATIF MATEMATIK SISWA MTs NEGERI 1 JONGGAT DENGAN PEMBELAJARAN TASC(THINKING, ACTIVELY DAN SOCIAL CONTEXT) PADA MATERI SEGITIGA. Media Pendidikan Matematika, 2(1), 8–13. https://doi.org/10.33394/mpm.v2i1.1841
Issue
Section
Articles
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Â