Pelatihan Teknik Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Berbasis Bahan Bekas di PAUD Al Hasanah Ampenan

Authors

  • Nurul Iman UNDIKMA, Indonesia
  • Abdurrahman Abdurrahman
  • Ahmad Zainul Irfan UNDIKMA, Indonesia
  • Ani Endriani UNDIKMA, Indonesia
  • Khairul Huda UNDIKMA, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33394/jdm.v1i2.7033

Abstract

Keberhasilan kegiatan pembelajaran di PAUD sangat ditentukan oleh pengelolaan berbagai kegiatan main oleh pendidik. Kegiatan tersebut diupayakan seoptimal mungkin harus dapat dan mampu mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak usia dini. Maka dari itu sebagai calon pendidik PAUD harus berusaha untuk membuat dan atau mengembangkan alat permainan edukatif dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di lingkungan sekitar. Dengan adanya alat permainan edukatif (APE) ini bisa membantu pendidik untuk mempermudah proses pembelajaran di kelas dengan lebih efektif dan menyenangkan. Tujuan kegiatan ini adalah untuk melatih guru dalam pembuatan alat permainan edukatif (APE) berbasis bahan bekas. Metode yang digunakan adalah partisipatif. Hasilnya semua guru antusias dalam mengikuti pelatihan serta bisa menstimulasi seluruh aspek perkembangan anak.

References

Christianna.A.2013,â€Pelatihan Perancangan Alat Permainan Edukatif (APE) Berbasis bahan bekas untuk pendidikan anak usia dini (PAUD) Se-Siwalankerto Surabaya.Surabaya:jurnal of service learning vol1.no 2.

Djuwita, W. 2011. Psikologi Perkembangan Stimulasi Aspek Perkembangan Anak Dan Nilai Kearifan Lokal Melalui Permainan Tradisional Sasak. Mataram. LKIM.

LPPM IKIP Mataram. 2018. Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Internal IKIP Mataram Tahun 2018.

https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/barang-bekas-bisa-jadi-alat-permainan-edukatif-untuk-paud/

Downloads

Published

2023-01-21

How to Cite

Iman, N., Abdurrahman, A., Irfan, A. Z., Endriani, A., & Huda, K. (2023). Pelatihan Teknik Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Berbasis Bahan Bekas di PAUD Al Hasanah Ampenan. Jurnal Dedikasi Madani, 1(2), 34–38. https://doi.org/10.33394/jdm.v1i2.7033

Issue

Section

Articles

Citation Check